Bunga Kenikir (Cosmos caudatus)



Klasifikasi Tanaman
Regnum            : plantae
Divisi                : Spermatophyta
Sub divisi          : Angiospermae
Kelas                : Dicotyledonae
Bangsa              : Asterales
Suku                 : Asteraceae
Marga               : Cosmos
Jenis                 : Cosmos caudatus.
Deskripsi 
Kenikir adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Kenikir memiliki tinggi mencapai 1 m dan memiliki daun bertangkai panjang dan saling berhadapan, sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai. Kenikir memiliki bau seperti damar apabila diremas. Bunganya tersusun pada bongkol yang banyak terdapat di ujung batang dan pada ketiak daun-daun teratas, berwarma oranye berbintik-bintik kuning di tengah-tengahnya, dan bijinya berbentuk paruh.
Perdu dengan tinggi 75-100 cm dan berbau khas. Batang tegak, segi empat, beralur membujur, bercabang banyak, beruas berwarna hijau keunguan. Daunnya majemuk, bersilang berhadapan, berbagi menyirip, ujung runcing, tepi rata, panjang 15-25 cm, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk bongkol, di ujung batang, tangkai panjang ± 25 cm, mahkota terdiri dari 8 daun mahkota, panjang ± 1 cm, merah, benang sari bentuk tabung, kepala sari coklat kehitaman, putik berambut, hijau kekuningan, merah. Buahnya keras, bentuk jarum, ujung berambut, masih muda berwarna hijau setelah tua coklat. Biji keras, kecil, bentuk jarum, panjang ± 1 cm, berwarna hitam. Akar tunggang dan berwarna putih.
Kegunaan dan Khasiat
Daun kenikir (Cosmos caudatus) banyak dikonsumsi masyarakat sebagai sayuran. Secara tradisional daun ini juga digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang dan pengusir serangga.Pada umumnya daun kenikir dapat digunakan untuk mengobati kanker. Di  Malaysia kenikir biasanya digunakan untuk memperbaiki sirkulasi darah.
Pucuk dau kenikir yang masih muda dapat digunakan untuk sayuran, dimakan mentah-mentah dan direbus lalap. Masyarakat Jawa sudah biasa menggunakan sebagai salah satu pelengkap pecel. Sayuran ini dapat dibeli di pasar-pasar. Tumbuhan ini dapat digunakan untuk penyedap dan merangsang nafsu makan. Menurut penelitian, kenikir dapat mengusir serangga dan alang-alang. Cara nya dengan menanam kenikir pada sekitar tumbuhan tersebut (Samah OA,2010 )

No comments:

Translate

Powered by Blogger.